Berita Kegiatan Kampus

#

Hima KPI Gelar Seminar Citizen Journalist

UNISA,- Himpunan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (Hima KPI) Universitas Islam Al-Ihya Kuningan menggelar seminar Citizen Journalist: Menangkal Siaran Kebencian dalam Perspektif Islam.

Acara digelar di aula Unisa Kuningan, Sabtu, 6/8/2022. Hadir pada kesempatan itu Wakil Rektor I, Aep Saepudin, M.Pd.I., Kaprodi KPI Unisa Kuningan, H. Aik Ikhsan Anshori, Lc., M.A.Hum, pengurus Hima dan mahasiswa Unisa Kuningan.

Panitia pelaksana, Safrudin Isman menerangkan, seminar citizen jurnalistik dilaksanakan dalam rangka membangun diskursus tentang perkembangan jurnalisme warga yang perkembangannya sangat pesat. Seminar tersebut menghadirkan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan, Nunung Nurhasanah, S.IP., dan Kabag Humas & Kerjasama Unisa Kuningan, Sopandi, M.Pd.

"Ini program Hima KPI untuk membuka wawasan, supaya mahasiswa mengikuti perkembangan dinamika jurnalistik, secara husus jurnalisme warga," tutur Isman.

Ketua Program Studi KPI Unisa Kuningan, H. Aik Ikhsan Anshori, Lc., M.A.Hum., menegaskan, citizen journalist perlu mendapat perhatian karena sebaran dan perkembangannya cukup pesat bahkan melampaui informasi yang diproduksi media masa.

"Saat ini produk media sosial sangat merajalela melampaui eksistensi media masa. Perkembangan ini harus diikuti peningkatan wawasan di kalangan mahasiswa sebagai salah satu bagian citizen journalist, supaya tidak terjebak pada ujaran atau siaran kebencian," tuturnya.

Wakil Rektor I, Aep Saepudin, M.Pd.I., menambahkan, upaya penangkalan ujaran atau siaran kebencian merupakan tugas semua warga negara, termasuk di dalamnya mahasiswa. Menurutnya, peran mahasiswa sangat besar dan dibutuhkan untuk menangkal sebaran ujaran kebencian dan berita bohong yang banyak diproduksi oleh warga negara.

"Saat ini hampir semua orang adalah produsen sekaligus konsumen informasi.
Sehingga, untuk mengawal supaya aktivitas tersebut aman, tidak bermuatan ujaran kebencian atau berita bohong, maka harus dilakukan diskursus, salah satunya seminar seperti ini," tuturnya. (Humas)

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #